Koordinasi Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Dengan Perangkat Desa

  • Sep 25, 2021
  • kebolampang123
  • BERITA

  [caption id="attachment_455" align="alignnone" width="300"]Koordinasi Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Dengan Perangkat Desa terkait Database UMKM & Revitalisasi Website Desa Kebolampang Kebolampang, 10 September 2021
Pada kegiatan KKN-IK IAIN Kudus tahun ini Mahasiswa di tempatkan di Desa masing-masing. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum hilang sepenuhnya. Wilayah Kabupaten Pati, khususnya Kecamatan Winong terdapat 14 Mahasiswa yang akan menjalankan KKN-IK 2021 yang terbagi dalam 10 Desa. Sementara untuk Desa Kebolampang terdapat 2 Mahasiswa yaitu Refo Zunaedi dan Abdul Rohman dari Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Tema yang diusung pada KKN-IK tahun ini yaitu “Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama”.
Pada hari kamis tanggal 10 September 2021 Mahasiswa KKN-IK di Desa Kebolampang melakukan koordinasi dengan kepala Desa dan perangkat Desa terkait dengan database UMKM serta revitalisasi website Desa sebagai bagian dari program kerja KKN-IK. Dari koordinasi tersebut di peroleh hasil yaitu, database UMKM Desa masih belum lengkap dan perlunya pembaruan dalam pendataan UMKM.Karena pergantian kepala Desa sehingga masih terdapat beberapa perbedaan data terbaru antara data desa dengan data pusat, sehingga kami masih terus melakukan pembaruan agar data UMKM bisa lengkap dan sesuai dengan kondisi lapangan.” Ungkap bapak Muhamad Teguh Priyono selaku Kepala Desa Kebolampang.
Sedangkan untuk website Desa sekarang ini sedang vakum sementara, dan unggahan terakhir pada 9 September 2017. “Untuk belakangan ini belum adanya kegiatan-kegiatan yang dirasa bisa di publish, serta belum adanya tim yang khusus untuk mengurus website Desa, sehingga untuk postingan terbaru masih belum ada” jelas Bapak Jaenuri selaku perangkat desa.
Dengan adanya KKN-IK di Daerahnya masing-masing di harapkan dapat mengenali dan mengembangkan potensi yang dimiliki Desanya. Seperti yang di ungkapkan oleh Ibu Izah Ulya Qadam, M.Pd.I. selaku DPL KKN-IK Kecamatan Winong yaitu sasaran target kegiatan KKN-IK IAIN Kudus Tahun 2021 diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi Desa, baik potensi ekonomi, sosio kultural, maupun keagamaan dan lainnya.
Penulis : Refo Zunaedi dan Abdul Rohman[/caption]