MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS TAHUN 2021 MENGADAKAN KEGIATAN WEBINAR YANG MENGUSUNG TEMA MODERASI BERAGAMA.

MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS TAHUN 2021 MENGADAKAN KEGIATAN WEBINAR YANG MENGUSUNG TEMA MODERASI BERAGAMA.

 

Di era digital saat ini, mengikuti perkembangan zaman adalah suatu hal yang harus dilakukan. Seperti pembelajaran online yang saat ini bisa diakses melalui hp ataupun laptop. Pembelajaran dalam bentuk seminar juga saat ini sudah bisa diakses melalui hp, karena dampak dari pandemi covid-19 yang membuat seminar dilakukan secara online. Seminar yang bisa diakses melalui jaringan internet disebut webinar (Seminar Online). Webinar berfungsi untuk sebagai wadah untuk mengumpulkan orang yang memiliki kesamaan, sebagai saran menyampaikan informasi, dan menambah wawasan bagi peserta mengenai materi yang disampaikan. Webinar ini dilakukan kolaborasi dengan kelompok winong satu dan winong dua agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

 

KKN-IK tahun 2021 telah mengadakan kegiatan seminar di masa pandemi, kegiatan tersebut tidak bisa dilaksanakan secara offline, untuk itu dibuatlah webinar supaya tetap bisa menyebarkan dan memberi penjelasan tentang pentingnya moderasi beragama. Moderasi beragama itu sendiri merupakan jalan tengan dalam mencegah terjadinya paham radikal di masyarakat. Sikap saling menghormati antar pemeluk agama juga merupakan suatu keharusan yang harus dijalankan sebagai sikap pluralisme. Kegiatan webinar yang dilakukan KKN-IK tahun 2021 mengusung tema “Moderasi Beragama” yang berjudul “Menguatkan Generasi Muda Islam yang Moderat berlandaskan Ahlussunah wal jamaah”.

Narasumber yang menjelaskan materi tersebut yaitu bapak Yusuf Hasyim S.Ag., M.Si selaku ketua PC NU Pati dan yang menjadi moderatornya yaitu Ferdian Zulham Arifin, mahasiswa IAIN Kudus. Webinar diadakan pada aplikasi zoom yang sebelum pelaksanaannya sudah dibuka link pendaftaraannya, untuk pelaksanaanya dilakukan di pendopo MTS Tarbiyatul Banin pada tanggal 19 September 2021, pukul 08.00 WIB sampai selesai melalui zoom. Manfaat webinar yang dilakukan yaitu untuk mencegah adanya paham radikal pada generasi muda yang berlandaskan Ahlussunah wal jamaah. Adanya webinar ini mendapat respon baik dari masyarakat didaerah Winong.

 

 

Penulis : Refo Zunaedi dan Abdul Rahman.

 

About kebolampang123 5 Articles
PEMERINTAH KABUPATEN PATI KECAMATAN WINONG DESA KEBOLAMPANG

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan